Kebijakan peningkatan mutu pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat harus didukung dengan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan di UPT pusat maupun daerah. Sejalan dengan kebijakan yang telah dikeluarkan oleh Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PP-PAUD dan Dikmas) Jawa Barat tentang pendidikan latihan bagi PTK berbasis teknologi IT, maka perlu diprogramkan suatu kegiatan penyelenggaraan dan pengembangan sistem pelatihan dalam jaringan di wilayah kerjanya. 

Salah satu upaya profesionalisasi pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan nonformal dan informal, berkenaan dengan mutu pelaksanaan dan hasil program Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PP-PAUD dan Dikmas) adalah mengoptimalkan kemampuan Pendidik Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PTK PAUD dan Dikmas) dalam memanfaatkan sarana pembelajaran.

Pada era perkembangan teknologi informasi, Daring menjadi perangkat pendukung pembelajaran yang potensial dan hendaknya dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Karena, pemanfaatan Daring akan mampu mengefektifkan dan mengefisienkan sumber daya yang biasa digunakan dalam suatu proses pendidikan dan pelatihan.