Artikel
Workshop Pengembangan bahan dan perangkat pembelajaran Parenting

Workshop Pengembangan bahan dan perangkat pembelajaran Parenting


Oleh uus darus | Kamis, 26 Oktober 2017 19:42 WIB | 767 Views

  1. Latar Belakang
Dalam rangka kegiatan pengembangan bahan dan perangkat pembelajaran program parenting yang dilaksanakan pada tanggal, 23 – 24 Oktober 2017 di Kampus PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat, maka telah disusun kerangka materi program pendidikan keluarga PKBM Jayagiri PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat Tahun 2017. Sehubungan dengan adanya hasil workshop, maka bersama ini perlu dilakukan penyesuaian kembali antara hasil workshop yang dilaksanakan dengan capaian pembelajaran yang telah dilaksanakan di PKBM Melati Jayagiri selama ini.  
Kerangka materi pendidikan keluarga ini adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran, bahan kajian, proses dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program pendidikan keluarga  yang di laksanakan di PKBM Jayagiri, baik pembelajaran yang melalui Daring maupun Luring.
Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, dan menyadari pentingnya untuk segera merevisi dan menyusun kembali kerangka materi pendidikan keluarga ini menjadi kurikulum pendidikan keluarga. Maka sesuai dengan program kerja PKBM Melati Jayagiri sebagai Lab. Site PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat Tahun 2017, maka dilakukan kegiatan “Workshop Pengembangan Bahan dan Perangkat Pembelajaran Program Parenting” yang dilaksanakan pada tanggal, 23 – 24 Oktober 2017 di Kampus PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat.
  1. Tujuan
  1. Umum
Tujuan dilaksanakannya pendidikan keluarga adalah mewujudkan kepedulian dan kesadaran orang tua / wali akan peran sentralisasi dalam pendidikan anak.
  1. Tujuan secara khusus kurikulum pendidikan keluarga yang disusun adalah sebagai acuan dalam pembelajaran pendidikan keluarga yang dilaksanakan di PKBM Melati Jayagiri
  1. Tim Penyusun
Kegiatan workshop pengembangan bahan dan perangkat pembelajaran program pendidikan keluarga ini di fasilitasi Seksi PE PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat dengan nara sumber dari Driya Media dan Puskur serta pokja parenting sebagai peserta sebanyak 13 orang.
 
 
  1. Hasil
Dalam pembahasan kelompok telah menghasilkan sebanyak 40 kerangka materi baru sebagai materi pendukung pembelajaran tahun yang akan datang dan penyesuaian materi pembelajaran yang telah dilakukan
  1. Tindak Lanjut
  1. Perlu melakukan workshop lanjutan untuk menyusun materi
  2. Penyelesaian penyusunan materi dapat dilakukan oleh masing-masing dan dibukukan untuk digunakan pembelajaran tahun yang akan datang
 







Artikel Lainnya