Tentang Kami
Kenali dan pelajari lebih lanjut tentang apa itu Rumah Mainan Anak Jayagiri
dan manfaatkan banyak fitur yang disediakan untuk anda
 
Rumah Main Anak Jayagiri

Bagi anak usia dini, belajar adalah bermain. Apapun yang dibelajarkan pada anak dikemas dengan metode bermain. Tentunya, setiap kita bersepakat atas pernyataan tersebut. Dengan demikian, upaya belajar dalam rangka menumbuhkembangkan anak, haruslah didukung oleh sejumlah alat permainan. Persoalannya, alat permainan seperti apa yang layak diberikan pada anak? Bagaimanakah ketersediaan alat permainan itu di lingkungan sekitar kita?

Faktanya, pemahaman terhadap alat permainan yang layak bagi anak itu belum dimiliki oleh semua orang tua. Dalam memilihnya, orang tua cukup berasumsi bahwa dengan alat main yang dipilihkannya tersebut, bisa membuat anak diam dan tidak mengganggu aktivitasnya. Jelas, ini keliru. Yang lebih fatal lagi, kasus serupa terjadi pada satuan pendidikan anak usia dini (PAUD). Guru, sebagai ujung tombak yang bersentuhan dengan anak, tidak menutup kemungkinan memiliki pemahaman seperti orang tua tadi.

Sejatinya, alat permainan yang digunakan oleh anak memiliki kriteria kelayakan tersendiri. Label ramah anak menjadi kata kunci, bahwa sebuah alat tersebut disebut layak atau tidak. Yang dimaksud dengan ramah, setidaknya ketika dimainkan oleh anak tidak membahayakan (mengandung zat tertentu) dan tidak melukai fisik. Selebihnya, jenisnya pun haruslah sesuai dengan usia perkembangannya.  Dengan demikian, alat permainan yang digunakan oleh anak, bukan sekedar menghidur, melainkan memiliki nilai untuk merangsang perkembangan otaknya.

Selanjutnya, keberadaan alat permainan yang sesuai dengan perkembangan anak sukar didapat. Minimnya ruang untuk bermain pun menjadi salah satu faktor utamanya. Alat permainan yang edukatif pun terasa langka diperoleh anak. Kondisi ini dimanfaatkan oleh beberapa pihak swasta dengan menyediakan fasilitas rental mainan. Sayangnya, selain biaya rental yang mahal , jenis alat yang disewakan tersebut belumlah tentu terjamin nilai edukatifnya. Atas kondisi tersebutlah, revitalisasi satuan PAUD menjadi kunci bagi pemerintah dalam memberikan solusinya. Pemberdayaan SDM yang berada di satuan PAUD, terutama guru dalam mengadakan alat permainan yang edukatif. Untuk mengoptimalkan layanan penyediaan alat permainan dan kemampuan guru terhadap media tersebut, PP-PAUD dan Dikmas Jawa Barat pada tahun 2017 memiliki layanan program berupa toys library. Toys library yang dinamai Rumah Mainan Anak Jayagiri (RMA Jayagiri) ini merupakan bagian dari laman yang bisa diakses masyarakat pada pkbmdaring.kemdikbud.go.id. Secara umum, terdapat tiga jenis layanan yang disediakannya: galeri main, bengkel main, dan donasi main. Layanan main ini dilaksanakan dalam bentuk dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring).